h1

Nonton Wintersim Conference 2007

December 10, 2007

love wsc 07Perhelatan Winter Simulation Conference 2007 akhirnya berlangsung.
Menandai 40 tahun pelaksanaannya, konferensi tahun 2007 ini diselenggarakan berbeda. Para simulation expert yang biasa tampil selama ini memang masih kita lihat dalam sesi-sesi presentasi yang digelar mulai 9 sampai 12 Desember 2007 tersebut. Yang berbeda adalah adanya creative sessions yang bisa dibilang unik untuk sebuah konferensi berskala internasional.

WSC 2007 menampilkan dua puluhan subjek penelitian yang disajikan dalam sesi-sesi presentasinya, mulai dari Business Process Modeling sampai Risk Analysis. Dari General Applications hingga Computational Biology Modeling. Serta subjek di bidang Education, Health Care, Transportation and Supply Chain, Military, Emergency Response, Homeland Security, & Telecommunication Applications.

Kita dapat menemukan bahwa Wintersim berbeda dari seminar & konferensi pada umumnya karena yang disajikan melebihi ekspektasi kita selama ini tentang apa itu sebenarnya seminar atau konferensi. Lebih dari sekadar panel tatap muka pemateri dengan penonton yang mengomentari. Ada muatan tambahan yang diberikan, yang membuat Wintersim tidak hanya menjadi rujukan ilmu simulasi kalangan luas, tapi juga sebagai event tingkat dunia bergengsi yang mengungguli konferensi serupa lainnya.

Apa saja yang baru di WSC 2007?

Review of Landmark papers

Sulit juga mencari padanan kata landmark dalam bahasa Indonesia. Apa ya terjemahannya yang cocok? Intinya untuk memperingati empat dekade diselenggarakannya WSC, dipilihlah 10 paper yang dianggap mempunyai pengaruh mendalam & luas untuk perkembangan simulasi di dalam teori serta praktiknya. Paper-paper pilihan inilah yang disebut dengan paper landmark (terobosan penting). Landmark papers dibawakan di dua sesi, & dipresentasikan saat jam makan siang berlangsung. Lunch sambil mendengarkan paper bersejarah dibacakan, pasti menarik mengikutinya.

Clinic sessions

Baru diadakan tahun 2007 ini, sebuah program dimana praktisi menyajikan permasalahan seputar modeling serta analysisnya untuk ditanggapi serta dikomentari oleh panelis yang terdiri dari dua atau tiga pakar simulasi, bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut. Tentu saja audiens diperbolehkan bergabung dalam diskusi ini serta turut bertanya & memberikan usulan. Diskusi antara Praktisi dengan Ahli. Ini baru namanya link & match yang tepat antara dunia teori dengan praktik.

Cross-fertilizatin track

Ini juga termasuk usaha bagus untuk pengembangan dunia simulasi. Pada Cross-fertilizatin track, peneliti di luar bidang simulasi diundang untuk berbicara & berbagi konsep dari subjek yang mereka geluti sehari-harinya. Penelitian & subjek yang mereka bahas ini memberi masukan tersendiri untuk bidang simulasi. Misalkan saja, ada Malvin Kalos yang diundang untuk berbicara tentang Monte Carlo Methods in the Field of Physical Sciences.

Simulation 101

Sekilas terdengar seperti judul film. Tapi Simulation 101 sebenarnya adalah nama yang dipakai untuk program pengenalan simulasi bagi pemula. Semacam Simulation for Dummies-lah. Di sini, para pemula diperkenalkan pada konsep simulasi: apa itu, bagaimana melakukannya, latihan membangun model, dengan pengkhususan pada Monte Carlo & Discrete Event System Simulation. Simulation 101 termasuk dalam workshop pra-konferensi, yang diadakan tanggal 8 Desember, sehari sebelum WSC dimulai. Dengan mengikuti Simulation 101, peserta diharapkan sudah cukup siap untuk mengikuti technical session yang berlangsung pada konferensi sebenarnya.

 

Di luar dari itu, pada Wintersim Conference 2007 juga diadakan Ph.D colloquium (grup diskusi calon doktor bidang simulasi), training session oleh para vendor software simulasi, ekshibisi, business meeting komunitas simulasi profesional, serta forum sharing pengguna software simulasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: