h1

Simulasi di Hati Para Blogger

July 3, 2007

Membuat blog sebagai pendamping website resmi sedang menjadi trend. Ini karena blog menggunakan bahasa yang lebih ringan & tidak perlu baku sebagaimana umumnya diharuskan pada website. Dengan blog, berkomunikasi dengan pelanggan/ konsumen/ pembaca dapat dilakukan dengan suasana lebih akrab & intim. Pembaca bisa langsung memberi pendapatnya lewat comment, langsung pula diketahui organisasi/ perusahaan pemilik blog, serta dibaca luas oleh masyarakat umum.
Tidak heran orang menetapkan Blogging sebagai advertising method untuk aktivitas promosi atau humas yang sedang gencar berkembang beberapa waktu belakangan ini.

Laboratorium Pemodelan & Simulasi Industri (disingkat Delsim) Universitas Islam Indonesia dengan blognya, memutuskan langsung mengunjungi pembacanya lebih dekat. Blog tersebut memuat kegiatan yang diadakan laboratorium, membahas isu simulasi, & sebagai media publikasi kedua dari buletin-buletin cetak yang diterbitkan lab tersebut. Begitulah janjinya yang disebutkan di blog. Lab Delsim sendiri memiliki portal belajar yang merupakan afiliasi dari Klasiber, penyedia e-learning Universitas Islam Indonesia.

Sebagai pembanding sesama laboratorium simulasi, boleh melihat ke situs Lab. Desain, Simulasi & Komputasi Universitas Gajah Mada. Situs yang berdiri independen, tidak menginduk ke website UGM, serta memakai CMS Joomla ini memuat profil laboratorium sampai ke contact number asisten, galeri foto kegiatan, & materi praktikum. Terdapat pula link ke berbagai website ilmu pengetahuan, serta yang paling menarik adalah adanya hasil penelitian yang bisa didownload gratis.

Sementara berbeda dari UGM, Universitas Indonesia dengan website Lab. Pemodelan Sistemnya masih menjadi subordinat dari website UI. Meskipun berupa static page dengan penjelasan profil sederhana, tapi permanent style UI berupa penggunaan bahasa inggris serta tampilan lengkap fasilitas software simulasi & daftar pengajarnya yang rata-rata bergelar master tetap terasa mencolok & outstanding.

Tentunya blog Delsim masih harus mengejar banyak. Karena blognya baru saja dibuat, contentnya baru satu, & tampilannya belum dikustomisasi dengan desain khas.

Tidak tertutup kemungkinan, dalam beberapa waktu ke depan, bila blog Delsim dapat segera menyempurnakan diri, akan berhasil memperkenalkan dirinya ke dunia luas lewat e-advertising. Sehingga menghasilkan page rank yang tinggi & pembaca yang banyak. Plus, menjadi blog sumber referensi di bidang simulasi.

 

6 comments

  1. terima kasih karna secara tidak langsung sudah mempromosikan Lab DELSIM, memang kita harus mengejar banyak hal,
    disini sebagai staff SDM yang juga jadi admin blog n simbi online, saya masih sangat kurang, terutama dalam hal simulasi..

    tidak ada salahnya kan, asisten atau alumni asisten ikut berpartisipasi? membantu mem’promosi’ kan simulasi?.. misal kasih ide tentang apa yang mau di publish…

    blognya bagus,.. tapi monochrome.. :0 no colour..


  2. # Yuli
    Trims juga. Yuli admin blog Delsim ya. Wah hebat nih. Tapi tugas berat tuh nggarap blognya biar populer & ‘simulasi’ banget. Sukses ya.

    Alumni asisten ikut promo simulasi? Harus itu. Karena bagaimanapun & sampai kapanpun dia tetap terikat dengan simulasi. Jadi kemana-mana mesti speak about simulation.


  3. emang kaya gimana sich speak about simulasi teh.masa untuk komunikasi sehari-hari bicaranya pake bahasa simulasi.yun baru tau kalo ada bahasa simulasi.


  4. promo.. promo..


  5. [info]
    Delsim blog is not active anymore.
    Maybe moving to other webhosting


  6. trima kasih infonya,.. ;(



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: