h1

-ANSWER- Sulit Pakai ProModel

April 24, 2007

Dasar berpandangan sempit.
Software simulasi lain dihina-hina..
Software favorit kamu itu bukan satu-satunya yang paling baik!

Maaf deh, saya menyesal..
Sebagai permohonan maaf ini saya kasih tahu tips untuk memecahkan kelemahan ProModel yang diposting dulu. Bagi saya berhasil kok.

a. Layar Kerja Memusingkan

=Pakai Tampilan Tile=
Window yg datang silih berganti memang sudah resiko. Tapi supaya tidak begitu pusing berpindah-pindah window, saya pakai tampilan Tile (Klik Window, klik Tile), jadi window2 ditampilkan bersandingan, tidak saling menutupi. Berikutnya saya bisa mengatur lagi ukuran layar kerja supaya lebih lebar.

b. Sulit Menjelaskan Aliran Proses Yang Ada

=Manfaatkan Window Path Networks=
Keterangan di Path Networks (Klik Build, klik Path Networks) sebenarnya sudah membantu. Saya harus membiasakan diri membaca ke mana arah aliran proses dari location ke location di window Paths yg menunjukkan N1 ke N2, N2 ke N3, dst.

=Centang “Show only current entity routes”=
Pd bagian Processing (Klik Build, klik Processing), di window ‘Tool’ terdapat daftar entity yg ada. Pada bagian bawah window tsb saya mencentang tanda “Show only current entity routes”, jadi saya bisa fokus mengamati route proses yg dialami satu entity saja dalam satu waktu.

c. Hal Kecil yang Jadi Besar

  1. Kalau mengopi blok modul saya menyerah, tidak tahu caranya. Sampai sekarang masih pakai print screen.
  2. Untuk menghapus bersih suatu record, saya klik record tsb, lalu Klik Edit, klik delete record (kadang tulisan yg muncul hanya delete).
  3. Logic builder malah bagus untuk mengatasi keterbatasan pemrograman yg tidak bisa diberikan oleh interface berupa button.
  4. Hanya bisa membuka satu file pada satu waktu masih belum bisa diakali.
  5. Menjelajah model di layar kerja memang nggak bisa mulus. Tapi bisa panning/ geser-menggeser. Boleh pilih caranya:
  • pakai panah atas bawah kiri kanan
  • pakai pageup & pagedown
  • pakai mouse lakukan klik tahan, lalu geser ke arah yg dimau. nanti gambarnya mengikuti
  • kalau mau zoom cepat, tahan Ctrl lalu buat sebuah region pakai mouse. nanti zoomnya seukuran region tsb
    Tapinya panning ini cuma bisa saya lakukan pas model sedang dijalankan/ run.

Untuk sementara begitu cara saya mengatasi kesulitan-kesulitan di ProModel.

6 comments

  1. apa di versi Promodel berbayarnya sudah terbebas dr batasan2 yg anda sampaikan di atas bro?


  2. Sayang saya belum coba licensed versionnya.
    Padahal UdKG baru saja beli ProModel 7 ke Mr. Bryan Err, certified modeler dari Singapore


  3. kalo yang saya tahu…jika mau buka dua model kita ga usah pake menu file new. tapi buka model dari awal, alias baru. model yang lama di minimize trus buka lagi promodel dari awal di dekstop. baru file open nanti insyaallah bisa buka 2 model sekaligus..


  4. bro,lsm kenal ya.gw anak industri di sala satu univ swasta di lampung. gw lagi nyoba buat simulasi antrian di bank pake promodel. dan sekarang gw kagi butuh hand book promodel,coz gw emang bener2 blind about it. So, kl emng lo punya versi ebook ny, gw minta y,so u can send it to my email,plisss.
    nice to be ur friend


  5. Mau belajar Pro model neh..
    Boleh minta hand book guide pro model dunk? ada yg punya tlg kirim k email sy.. THX b4..^_^


  6. pak tolong dong aku dikirimin tenteng apa itu entity dalam arena, terima kasih



Leave a Reply

