h1

Tugas Akhir Simulasi

April 18, 2007

 

Ini ada temuan menarik tentang sejauh mana mahasiswa menggunakan simulasi sebagai tema tugas akhir (TA)/ skripsinya. Di Sistem Informasi Perpustakaan Fakultas Teknologi Industri UdKG (Universitas di Kaki Gunung, begitu mas Iip Wijayanto menyebutkan), kalau kita search TA dengan kata kunci SIMULASI, maka akan ditampilkan 32 temuan. Dari jumlah itu, ada yang membahas tentang simulasi cell breathing CDMA (Elektro), simulasi ramalan cuaca fuzzy (Informatika), simulasi mesin frais gerak linear (Mesin), intinya adalah simulasi yang dipelajari di luar Teknik Industri (TI). Jadi yang benar-benar murni tentang system modelling garapan TI berjumlah 12 buah (Sebagai catatan, TA simulasi yang terdata ini merupakan hasil pencatatan Simpus sejak kelulusan tahun 2003). Terus, kita tahu wisuda UdKG diadakan tiap 2 bulan, berarti setahun ada 6 wisuda, tiap wisuda kira-kira ada 40 lulusan TI. Artinya dari tahun 2003 sampai 2006 sudah ada = 3 tahun x 6 wisuda x 40 wisudawan TI = 720 orang. Sekarang kita bandingkan jumlah wisudawan dengan jumlah TA simulasi yang ada = 720 : 12

Kesimpulan = Hanya 1 dari 60 orang lulusan TI yang membuat skripsi tentang Simulasi.

Sedihnya…..

TANYA KENAPA?
Bahkan bagi mahasiswa yang baru akan mulai menggarap skripsi, TA adalah sebuah fenomena baru yang sama sekali berbeda dengan pelajaran semasa kuliah. TA dengan pokok bahasan Genetic Algorithm, Simulated Annealing, Tabu Search, nampaknya sedang trend di TI. Padahal anehnya materi-materi ini tidak pernah diajarkan & dipelajari mendalam (kecuali sedikit di mata kuliah Sistem Cerdas). Lebih aneh lagi ternyata banyak yang sukses TA dengan subjek-subjek baru tersebut. Meskipun si mahasiswa mesti belajar dulu dari awal konsep-konsep baru, mencari studi kasus yang tepat, memilih tool, dst. Jadi, pokok bahasan yang sedang in saat itu mempengaruhi mahasiswa dalam memilih materi untuk TA nya.

SIMULASI SULIT
Benar sekali. Tapi buktinya yang TA dengan Genetic Algorithm dkk tadi (yang nyata-nyata merupakan materi di luar kuliah sehari-hari) banyak yang bisa & mampu. Kalau simulasi, justru diajarkan di mata kuliah Simulasi Industri. Lalu ada praktikumnya juga: Praktikum SIMBI. Sehingga kalau sudah lebih dahulu dipelajari, belum bisa dianggap lebih sulit dari materi lain. Judul TA Simulasi beragam, mulai dari yang mudah seperti “Pemodelan Sistem Anu di Perusahaan X Menggunakan Pendekatan Simulasi”, sampai judul-judul berat misalnya “Analisis Pembandingan GT Layout & U-shape Layout Untuk Memecahkan Masalah WIP pada Sistem Produksi di PT Anu Memakai Simulasi”, atau “Benchmarking of Push & Pull System for Integrated bla..bla..bla.. Using Simulation”.

Pada banyak kasus, TA simulasi itu kurang lebih penggunaannya adalah:

  1. Simulasi untuk pemodelan suatu sistem (ini paling sederhana, tinggal membuat tiruan sistem nyata menjadi sebuah model)
  2. Simulasi untuk pembandingan beberapa pilihan kebijakan (tujuannya adalah mengusulkan alternatif perbaikan di tempat studi kasus, misal: Sistem Dinamis untuk Pembandingan Kebijakan-Kebijakan Ekspor Perusahaan
  3. Simulasi untuk penerapan konsep keilmuan (yang sulit dipraktikkan dengan metode lain, misal: Simulasi Six Sigma Untuk Peningkatan Performansi Perusahaan)

Aspek yang biasanya menjadi halangan sepertinya adalah Statistik. Simulasi mengharuskan statistik. Untuk uji distribusi, validasi. Statistik ini memang mimpi buruk bagi mahasiswa. Walaupun sebetulnya sekarang tool statistik sangat banyak & memudahkan. Sebut saja, miniTAB & SPSS. Belum lagi alat bantu statistik yang sudah terintegrasi di software simulasi: ada Input Analyzer-nya Arena & StatFit punya Promodel. Tinggal konsep saja yang butuh dilecut.

Terus dosen juga berpengaruh. Sekarang sudah makin banyak kok yang concern di simulasi. Dosen-dosen malah ramai ikut menguji pendadaran TA simulasi. Teman-teman langsung ngeri kalau tahu yang menguji pendadaran pak Ibnu Mastur (beliau pasti menguji dari sisi statistiknya). Kalau sudah begitu, demo animasi simulasi yang sudah dengan keren dibuat jadi batal ditampilkan. Terkadang memang terjadi seperti itu, mahasiswa terlalu fokus mempersiapkan demo software TA nya, grafik yahud, tampilan mantap, visualisasi sana-sini, tapi mengesampingkan unsur konseptual dari materi yang dibahas. Akhirnya lemas waktu tahu animasinya gagal dipresentasikan, & juga babak belur tidak bisa menjawab pertanyaan penguji. Tapi sekali lagi, dengan perhatian dosen yang semakin mendalam terhadap simulasi, kita harusnya tidak kalah & bersedia belajar. Mumpung belum pada tingkat expert, jadi sebenarnya ada lahan yang luas buat kita menggali simulasi terus mempresentasikannya. Tidak perlu cemas akan dihujani pertanyaan sulit kalau konsepnya sudah mapan. Harapan mendapat nilai tinggipun terbuka.

PERGESERAN FUNGSI TA….
Ini yang lucu. Jadi sekarang TA telah mengalami pergeseran fungsinya, beralih dari khittah. Karena…. sekarang TA sudah berubah menjadi diary curhat! Orang pergi ke perpustakaan & mencari referensi TA lalu senyum-senyum sendiri. Bagaimana tidak, di bagian depan TA kan ada Halaman Persembahan, dimana penyusun TA bisa menyampaikan ucapan-ucapan (biasanya ucapan syukur). Untuk ortu, teman, tapi paling sering buat ehm..ehm. “Terima kasih kuucapkan pada yang selalu menemani hari-hariku”, atau “Kuhargai pengorbananmu & semangat yang selalu kau bagi. Bersamamu kutemukan tujuanku”, terus “Mak, akhirnya bebanku lepas juga. Bebaaaaaas….”. Lalu “Untuk Faisal, jangan main kartu terus, Tesy mbok yao keramas tiap hari, untuk Bimo ayo cepat kawin sama Anu”, ada juga “Salam buat anak kos Barbarian, Miz u Guyz…” , atau “Ih, sebentar lagi jadi pengangguran deh. Benci..benci..”, dll. Sekarang bagian paling menarik dari TA adalah halaman curhatnya! Jangan-jangan elemen TA yang digarap dengan sepenuh hati jiwa raga, total, justru bagian Halaman Persembahan itu. Intisari Pembahasan terlupakan….

MEDIA DISKUSI
Ini memang belum optimal. Para pembuat TA simulasi memang single fighters, sendirian sana-sini cari bahan, tanya dosen tidak ketemu-ketemu, tanya teman tidak ada yang tahu. Kalau ada kakak kelas yang pernah TA simulasi, sekarang sudah kerja atau sudah telanjur pergi belum sempat transfer ilmu. Sekarang ada sih bermunculan study group dimana beberapa mahasiswa belajar bersama menggarap satu tema TA tapi dengan tool & metode yang berbeda. Tapi kalau yang membahas simulasi cuma satu orang juga sama saja sulitnya. Kendala tidak bisa transfer ilmu ke adik-adiknya juga ada.

Padahal penting juga ya berbagi pengalaman bagaimana menggarap TA simulasi (bagi yang sudah TA simulasi). Jadi orang bisa tahu gampang-sulit senang-susahnya mengolah data simulasi, menjawab pertanyaan khas penguji materi simulasi. Atau sekelompok mahasiswa yang minat TA simulasi bisa diskusi bersama dalam satu wadah tentang bagaimana memulai bab 1, bab 2, dst. Kalau perlu sekali-kali mengundang ahli buat menjawab masalah yang mungkin timbul di kalangan peminat simulasi. Dll.

 

PR buat bersama. Bagaimana membuat simulasi menjadi materi yang diminati & dipilih banyak orang. Mempopulerkan simulasi……….

17 comments

  1. setiap qt bekerja dan berusaha dengan tujuan meraih kebahagiaan..
    namun apakah setiap tujuan yang tercapai mampu membuat qt bahagia…

    Innama’al usri yusro..fainnama’al usri yusro..


  2. Kata seorang guru, simulasi itu perpaduan dari seni dan teknologi, jadi harus ada kemampuan pada aspek seninya dan teknologinya.
    Seperti yang kita tahu, seni membutuhkan kecintaan tersendiri, dan teknologi membutuhkan kemampuan tersendiri, lha kalo dua-dua nya digabung???


  3. # Nis
    Kerja & usaha untuk meraih kebahagiaan sih iya.
    Tapi kalau bahagia tidak jua dicapai?
    Tanya saja Tio Alfisyahrin

    Kesukaran selalu diapit dua kemudahan

    # Norma
    Siapa gurunya? Boleh dong saya dikasih tahu. Mau berguru juga..


  4. minta judul simulasi + penjelasannya donk


  5. Maksudnya bahan judul buat TA simulasi?

    Bahas ttg simulasi supply chain berminat?


  6. ada yg punya modul panduan arena ga ya ?


  7. Assalamualaikum,

    salam kenal buat temans penggiat simulasi.Perkenalkan nama saya Yusuf, TI-ers angkatan 2002.Masih mau mulai ngerjain skripsi nih, jadi malu deh(mapala=mhs paling lama).

    Rencananya mau ngambil tema mengenai simulasi, karena kalo tak rasa2in, minat saya memang dibidang itu khususnya simulasi monte carlo.

    Saya akan merasa berterimakasih sekali, jikalau ada masukan dari teman-teman.


  8. hallo salam kenal… saya mahasiswa TI angkatan 2005, dan sekarang sedang mau TA tentang simulasi, yang lebih kepada perancangan tata letak… saya masih newbie untuk masalah ini, tapi tertarik, tapi bingung, hehehe…

    ada usulan tentang bahan TA saya ga? yg keyen, tapi ga bikin saya jadi mahasiswa abadi (hehehe no offense yaa)

    btw yg punya blog ini mas/mbak/pak/bu? saya cari2 kok ga ada inpo tentang pemilik blog yaa… hehehe

    sepertinya saya akan sering2 mampir di blog anda ini, jangan kapok yaa… hohoho…

    oia, salam kenal yaa…


  9. Salam kenal jg Ui.
    Info ttg saya ada kok di halaman about🙂

    Bahan TA bagus deh kalo kamu ngambil simulasi.
    Saya kebetulan lagi nyiapkan forum buat bahas ttg skripsi simulasi di blog ini biar bisa lebih terorganisasi diskusinya…
    Ditunggu ya.


  10. Waduh nie aq ge TA ttg simulasi supply chain nie..

    lg bingung nentuin perusahaan yg cocok..yg pas bwt bahanq..bisa minta tlg kasih info gak??

    posisi di sby y


  11. Hi…
    salam kenal yaaa… nama saya, Renatha, mahasiswa S2 Teknik Industri.

    kebetulan nih saya sedang mengerjakan thesis yang berkaitan dengan metode antrian di suatu perusahaan jasa penyewaan gudang dengan menggunakan simulasi promodel.

    saya minta bantuannya, barangkali ada yang memiliki buku panduan penggunaan promodel dalam versi bahasa Indonesia. saya tunggu ya…ASAP.

    Terima kasih🙂


    • Versi bahasa kayaknya belum banyak beredar deh.
      Udah coba tanya UGM atau UII?
      Di sana praktikum simulasi pakai Promodel, mungkin ada versi buku pegangannya yg pake bahasa indonesia..


    • Saya punya tutor dalam bntuk slide presentasi,,,,saya rasa lebih mudah untuk diterapkan,,,50Mb,,kalo lewat email tdk bisa dikrim,,,gmn???hehehe


  12. Assalamualaikum,,,,
    saya Angga dari FTP UGM,,,
    Saya mau tanya,saya khn udah install Promodel tapi kok pas masuk ke “location” icon yang ada kok gak bisa di drag ke layout ya,,,,kenapa itu ya???
    tlng kalo ada yang bisa sharing,,,
    Terima kasih
    Wassalamualaikum ,,,


  13. please help me….aq ngerjain simulasi TA dengan matlab.judul TAq adalah estimasi simulasi parameter sinyal dengan menggunakan algoritma music pada antena array volume.ada yg ngerti g???thx lot…


  14. asw….
    saya mahasiswa D3 telekomunikasi yang saat ini sedang menempuh semester akhir…
    saya harus menyelesaikan Tugas akhir dalam kurun waktu 1 bulan ini tapi judul saya di tolak…judul awal pembuatan alat pembuka dan penutup tirai menggunakan radio FM 70 MHz….sekarang ingin membuat simulasi dengan menggunakan visual besic atau matlap dalam aplikasi telekomunikasi….
    da yang bisa bantu ngak???? judulnya apa???? dan konsepnya seperti apa??
    kirim ke muhammaddharma007@gmail.com


  15. assalamu’alaikum..
    saya mahasiswa TIf angkatan 2007, sekarang saya lagi bingung tentang tugas akhir yang yang akan saya ambil,
    saya coba tanya dosen yang kebetulan bekerja id BPS.
    dia menyarankan saya untuk bikin judul yang berhubungan dengan pemodelan.tapi sayangnya,saya masih blum ngerti maksudnya kaya gimana??
    mohon saran dam masukannya.
    terima kasih..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: